DESKRIPSI KEBUTUHAN FUNGSIONAL SISTEM INFORMASI
Menurut
Abdul Kadir (2003: 38) analisis kebutuhan merupakan proses untuk menghasilkan
spesifikasi kebutuhan. Spesifikasi kebutuhan adalah spesifikasi yang rinci
tentang pengolahan data yaitu jumlah data yang harus diproses, waktu pengolahan
saat data siap diproses sampai informasi yang dihasilkan. Spesifikasi ini
digunakan untuk membuat kesepakatan
dalam pengembangan sistem.
Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan
yang berisi proses-proses apa saja yang diberikan oleh sistem informasi. Sistem
ini dapat digunakan oleh pengguna yaitu operator/karyawan dan
administrator/pemilik dimana karyawan dan pemilik memiliki hak akses yang
berbeda didalam sistem tersebut. Kebutuhan Fungsional sangat bergantung dari jenis
perangkat lunak, pengguna sistem, dan jenis sistem dimana perangkat lunak
tersebut digunakan.
Fungsi Kebutuhan Fungsional :
v Menggambarkan fungsionalitas atau layanan sistem
v Tergantung pada tipe software, harapan user dan tipe sistem dimana
software digunakan
v Kebutuhan fungsional user merupakan pernyataan level tinggi dari
apa yang seharusnya dilakukan sistem tetapi kebutuhan fungsional sistem
menggambarkan layanan sistem secara detail
Kebutuhan fungsional mencakup:
v Fungsi deskripsi kebutuhan
v Laporan baik hardcopy maupun softcopy
v Updating dan query online
v Penyimpanan data, pencarian kembali dan transfer data
Sebagai contoh
dalam mendefinisikan kebutuhan fungsional ini studi kasus yang diangkat adalah
tentang sistem informasi Traveloka
v Traveloka
adalah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan
pencarian dan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Traveloka
memiliki basis operasional di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012
oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert.
v
Hal-hal
yang Terlibat dalam Sistem Informasi Traveloka
1. Pengguna 5.
Identitas Pengguna
2. Administrator 6.
Maskapai Penerbangan
3. Media Web dan jaringan 7.
Pembookingan Hotel
4. E-Banking atau ATM
v Langkah-langkah Pemesanan Hotel atau Pesawat
1. Pengguna memesan melalui website resmi
traveloka.com
2. Pengguna
melakukan pencarian di halaman utama website. Pencarian dilakukan dengan
menginput data dengan cara pilih menu Penerbangan atau Hotel
3. Setelah
masuk dalam halaman ‘Hasil Pencarian’, pengguna dapat langsung melihat berbagai
pilihan penerbangan atau Hotel yang tersedia. Jika pengguna sudah memutuskan
untuk memilih salah satu dari berbagai pilihan yang tersedia, maka pengguna
dapat langsung memilih ‘Pesan Sekarang’. Berikutnya, pengguna akan langsung
diarahkan pada halaman‘Data Pemesanan’.
4. Pada halaman
‘Data Pemesanan’, pengguna menginput data pemesan yang dapat dihubungi
berkenaan dengan pemesanan ini, meliputi Nama kontak, No. Handphone Kontak, dan
Alamat Kontak Email. Apabila data yang diinput sudah benar, pengguna dapat
memilih ‘Lanjutkan’ dan proses akan dilanjutkan dengan menginput data yang
diperlukan. Setelah semua data telah diisi dengan lengkap, pengguna dapat
melanjutkan proses ini dengan memilih ‘Lanjut ke Pemesanan’.
5. Halaman yang
selanjutnya muncul adalah ‘Review Pemesanan dan Harga’. Halaman ini akan
menampilkan rincian pesanan berdasarkan semua data yang sudah diinput oleh pengguna
sebelumnya. Apabila semua rincian sudah sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh
pengguna, maka pengguna dapat menlanjutkan proses pemesanan ini dengan memilih
‘Lanjut ke Pembayaran’.
6. Pada halaman
Pembayaran, hal yang pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah memilih
metode pembayaran. Terdapat beberapa pilihan metode pembayaran yaitu antara
lain melalui Transfer, ATM, Kartu Kredit, CIMB Clicks, Mandiri ClickPay,
Mandiri e-Cash, BCA Klikpay, BNI Debit Online, dan Mandiri Debit VbV.
7. Setelah
pembayaran pengguna sukses diterima oleh pihak Traveloka, e-tiket maupun bukti
konfirmasi pesan kamar hotel (voucher hotel) akan dikirimkan langsung ke email konsumen.
Invoice bukti pembayaran juga terlampir di email yang sama.
v
Kebutuhan
Fungsional Sistem Informasi Traveloka
1. Pengguna
yang melakukan input identitas dan data pemesanan tiket ke dalam sistem dan
melakukan pembayaran biaya tiket
2. Admin
yang mengatur sistem serta menyediakan informasi dan layanan e-banking
3. Sistem dapat
memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pemesanan tiket pesawat atau booking
hotel secara cepat
4. Sistem dapat
memberikan informasi tentang harga terbaik pemesanan tiket atau booking hotel yang
sesuai dengan keiinginan pengguna
5. Sistem dapat
memberikan informasi tentang harga promo yang sedang ditawarkan
6. Sistem dapat
memberikan gratis biaya transaksi karena harga yang dicantumkan adalah harga
final dan tanpa hidden fee
7. Sistem dapat
memberikan review dan rekomendasi tentang hotel dan maskapai penerbangan
favorit untuk para pengguna
8. Pengguna dapat
kapan pun, di mana pun berada, selama terkoneksi dengan internet, bisa booking
hotel dan pesan tiket pesawat secara online.
Daftar Pustaka:
http://emak2blogger.com/2016/02/24/8-keuntungan-yang-didapat-dari-booking-hotel-online/
http://lindoet23.blogspot.co.id/2015/07/
Nama Kelompok :
Sapti Dwi Mukti (15.05.52.0320)
Nur Aprilita
Fauziyah (15.05.52.0336)
Nisabella Nurulia S (15.05.52.0340)
Komentar
Posting Komentar